Komunitas Aku Ingin Hamil (AIH)



Saling Menyemangati, Agar Tak Selalu Merasa Sendiri
Oleh Yenni Siswanti dan Purwanti
Menulis adalah menuangkan penghayatan. Bahwa apa yang kita lihat, kita rasa, bisa berguna untuk mengasah kesadaran kita, juga siapa yang berkenan untuk kita bagi, melalui tulisan. Tulisan ini merupakan salah satu karya Tarbawi, yang dimuat di Majalah Tarbawi edisi 233 Th.12
Nisa termenung di sudut kamar. Di tangannya terdapat tes alat kehamilan yang masih bergaris satu. Entah sudah berapa kali ia mencoba alat itu selama pernikahannya, tapi hasilnya masih sama. Negatif. Ujungnya, dia pun tak kuasa menahan tangis, mengingat pertanyaan–pertanyaan di sekelilingnya yang seringkali memojokannya.
Kapan hamil? Sengaja ya? Kamu gemuk sih? Untung suami kamu sabar ya? Dan pertanyaan lainnya yang membuatnya semakin hari semakin merasa tertekan.
Sudah hampir 10 tahun pernikahan ia jalani namun Allah belum memberikan amanah seorang anak kepadanya. Nisa dan suaminya telah beberapa kalin menyambangi dokter ahli dan alternatif lainnya.
Namun kehamilan yang ditunggunya belum jua hadir.
Di tempat lain, Maida, perempuan yang sudah tujuh tahun menikah dan belum dikaruniai anak juga mengaku kalau dirinya sempat enggan untuk datang di setiap acara keluarga untuk menghindari pertanyaan-pertanyaan serupa. “Hati saya serasa terguncang kalau melihat sepupu-sepupu saya yang sudah punya anak, apalagi saya melihat anak-anak mereka tumbuh besar. Sedangkan saya, satu pun belum ada. Kadang sedih memikirkan itu,” ungkap Maida yang kini berusia 28 tahun.
Beruntung, suaminya begitu memahami kondisi Maida, meskipun dirinya merasa tidak enak karena belum bisa memberikan keturunan. “Awalnya saya merasa sensitif dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan itu.
Tapi suami saya sempat marah karena saya terlalu menjadikan sindiran mereka sebagai beban. Akhirnya saya dinasihati suami, dia bilang kalau keturunan itu rezeki dari Allah. Maka minta lah kepada Allah. Nasihatnya itu membuat saya lebih tenang dan pasrah,” papar perempuan yang juga sudah melakukan berbagai upaya untuk bisa hamil ini.
Maida dan Nisa seringkali merasa sendiri menghadapi ini. Mereka ingin sekali berbagi dengan teman-temannya yang juga senasib dengan dirinya. Hanya saja ia merasa tabu untuk menceritakan apa yang ia alami, dan apa yang ia rasakan.
Sampai akhirnya mereka menemukan sebuah komunitas yang bisa menjadi tempat curhat para istri yang belum dikaruniai momongan. Komunitas Aku Ingin Hamil (AIH) merupakan sebuah wadah komunitas bagi mereka belum dikaruniai ‘momongan’ setelah pernikahan. Rafeila Reggie Kusumo, Nina Thomas, Diandra Dini dan Dyna Salim adalah pencetus komunitas ini.

“Komunitas ini terbentuk dari forum diskusi di salah satu situs pernikahan. Di sini kita membahas tentang mindset yang sudah terpatri dalam benak kebanyakan orang, bahwa setelah menikah itu harus hamil dan punya anak. Tapi kita tidak punya kuasa atas hal itu. Meskipun, setelah berusaha dan berdoa ternyata belum juga ada tanda-tanda kehamilan.
Akhirnya kita merasa sendirian. Di sinilah tujuan kami membuat komunitas ini, agar mereka (yang belum dikaruniai anak) tahu bahwa mereka tidak sendirian, dan mereka bisa berbagai tentang apapun tentang kondisi dan perasaan mereka,” ujar Reggie, perempuan yang sudah setahun menikah namun belum dikaruniai anak ini.
Lulusan Universitas Moestopo itu pun menandaskan sebuah syarat untuk bisa bergabung di dalam komunitas ini. “Bagi mereka yang belum menikah, tidak bisa bergabung dalam komunitas ini. Dan komunitas ini khusus untuk perempuan saja, laki-laki tidak boleh ikut bergabung,” ujar Reggie.
Semua ini dilakukan untuk melindungi privasi dan ketenangan saat mereka saling sharing dan curhat. “Supaya mereka lebih tenang dan lebih santai curhatnya. Di sini kan wadahnya para istri yang belum juga diberikan keturunan, jadi kami harus memilih mana yang bisa jadi anggota mana yang tidak,” papar dia.
Perasaan senasib lah yang membuat mereka nyaman untuk berbagi, paling tidak untuk bercerita mengenai pahitnya perlakukan orang-orang terhadap mereka. Aktivitas di dalam komunitas ini berawal dari sebuah situs jejaring sosial.
Reggie membuat account-nya pada bulan Februari lalu. “Awalnya kita hanya sharing informasi tentang bagaimana caranya ke dokter kandungan, pengobatan alternatif, hingga tentang masa subur, dan masa ovulasi. Lama-lama mereka tahu sendiri tentang hal itu,” tambah Reggie. Lama kelamaan anggota komunitas ini semakin bertambah karena banyak orang yang ingin berbagi mengenai hal ini. “Karena tidak mudah menghadapi ini sendiri.”
Di sini mereka menceritakan banyak permasalahan, dan anggota yang lain mencoba untuk memberikan solusinya berdasarkan pengalaman masing–masing. Misalnya ada yang bertanya tentang bagaimana mengenai PCO (Polycystic Ovary—sejenis penyakit yang mengancam kesuburan) itu langsung anggota komunitas lainnya memberikan penjelasan” kata Reggie.
Paling tidak sampai saat ini, sudah ada sekitar 600 orang anggota yang tergabung. Meskipun tidak bertemu secara tidak langsung dan tidak sengaja saat membuka internet, mereka sempat mengadakan kopi darat (temu langsung) dengan masing-masing anggota. “Malah ada juga diantara mereka yang akhirnya memiliki kedekatan personal dari beberapa daerah, misalnya kopi darat untuk daerah Bandung, Yogya dan lainnya, sehingga bisa lebih sering curhat,” tambah Reggie. Di sini, Reggie sebagai salah satu pendiri ingin sekali kegiatan di Komunitas AIH tidak hanya sekadar berkumpul saja.
“Kami berharap bisa mengadakan seminar dan bekerja sama dengan berbagai pihak. Terutama kami ingin sekali mengadakan acara yang isinya tentang terapi psikologis untuk mereka yang hampir putus asa ketika belum juga memiliki momongan,” ujar Reggie.
“Kalau ada yang sedang down kami langsung memberikan semangat dan do’a kalau dia tidak mengalami sendiri. Kalau ada yang berhasil hamil kami senang sekali. Seringkali kami menyebutnya sudah lulus dari komunitas AIH,“ tambahnya. Meski ‘lulus’, karena sudah hamil, tak serta merta dia keluar dari komunitas. “Keberadaannnya di komunitas justru kami butuhkan, untuk membagi pengalamannya pada yang lain.” Seperti halnya Nia Dewi, anggota komunitas yang berhasil ‘lulus’, kini tengah mengandung anak pertamanya setelah menunggu empat tahun. Ia berkata selama empat tahun sudah banyak dokter dan alternatif yang pernah dicobanya.
Pemeriksaan yang dijalani mulai dari USG, HSG, TORCH , Diatermi hingga pernah inseminasi namun belum membuahkan hasil. Sampai kemudian ia bergabung di komunitas AIH dan banyak mendapatkan masukan dari sesama teman komunitas. “Saya banyak menerapkan tips – tips yang saya dapat dari komunitas ini. Saya mencoba salah satu tips tersebut misalnya minum jus wortel campur tomat dan apel selama kurang lebih dua bulan, alhamdulillah langsung isi,“ ujarnya senang. “Tapi yang paling penting pasrah sama Allah dan jangan terlalu stress, “ katanya lagi.
Manfaat lainnya juga didapat Maida yang haidnya tidak teratur, menjadi lancar saat mengikuti saran dari sesama anggota Komunitas. “Sudah sekitar empat tahun haid saya tidak lancar. Saya konsultasikan ke dokter, tapi hanya diberikan obat-obatan tanpa hasil. Setelah saya sharing ke teman-teman di Komunitas AIH, mereka memberikan banyak masukan. Alhamdulillah, setelah saran mereka saya ikuti, haid saya lancar lagi,” ujar Maida.
Sama halnya dengan Maida dan Nia, Deasy yang tahun ini genap berusia 30 tahun pun merasakan banyak sekali manfaat yang bisa diambil saat bergabung dalam komunitas ini. “Saya sudah dua tahun menikah, tapi Allah belum mengamanahkan kepada kami keturunan. Saya sering ditanya oleh keluarga saya. Awalnya sih biasa saja, tapi lama kelamaan saya merasa risih dan kesal kalau ditanya hal itu. Coba mereka berada di posisi kita, bagaimana rasanya ditanya hal itu?” ungkap perempuan yang kini tinggal di Kalimantan ini. Dia pun tidak sengaja menemukan Komunitas AIH saat membuka internet. “Di sini saya bisa menumpahkan isi hati saya, saya merasa Allah mempertemukan kami untuk saling memotivasi. Di sini, kami sama-sama berikhtiar, saling mendoakan dan saling memberi solusi sehingga kami bisa bangkit lagi,” ucapnya.
Kehadiran buah hati memang sesuatu yang paling ditunggu bagi pasangan suami istri. Tapi Allah memiliki rahasia-Nya sendiri. Ada takdir yang tak selalu bertaut dengan keinginan manusia. Maka, orang beriman selalu berprasangka baik. Komunitas AIH mengajarkan untuk terus bersabar, tak berhenti untuk berikhtiar, dan senantiasa saling menyemangati.

Komentar

  1. Bismillah ..sekedar sharing..semoga bermanfaat, bagi siapa saja yg ingin mendapatkan keturunan silahkan buka link http://pirbunayya.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. salam kenal , ini juga menarik dan harus di ketahui

    lihat juga video fakta vs mitos ibu hamil
    https://goo.gl/csy7RW

    buah yang boleh dan tidak boleh di konsumsi
    https://goo.gl/ZPwJge

    apa yang harus dihindari untuk ibu hamil
    https://goo.gl/L9vESX

    BalasHapus
  3. saya mau sampaikan kabar baik untuk bantuki semuanya.. untuk keluarga yg belum bisa memiliki keturunan atau anak, yg sudah berobat kemana- mana untuk kehamilan dan sudah mencoba berbagai obat atau alternatif lain untuk kehamilan, saya punya keluarga yg bisa mengobati dengan doa dari air.. 100% sudah pasti hamil Insya Allah..

    ini pengalaman sy sendiri, pertanggal 4 april 2017, istri sy sdh hamil 5 bulan Alhamdulillah.. hampir 2 tahun sy menunggu kehamilan istri saya.. dgn berbagai cara, obat dan alternatif yg sy lakukan tp nihil.. malah putus asa yg ada.. selama 2 tahun blum hamil, selama 2 tahun pula sy melihat istri sy menangis.. akhirnya ada keluarga yg datang kerumah dan memberikan solusi untuk mengambil doa berupa air 1 botol aqua besar di kampung sy di rumah orang tuanya.. perkataannya cuma satu "bulan depan sudah hamil itu".. ketidak percayaan yg sy fikirkan karena usaha yg sy lakukan sebelumnya tdk sedikit.. 3 bulan berlalu barulah sy bersungguh2 untuk menanggapi perkataannya.. sy minta tolong ke orang tua sy mengambil obat untuk istri sy.. ternyata tempat tinggl dr orang tua itu bukan main2.. dia tinggal di gunung yg butuh jalan kaki utk sampai drumahnya.. sampai dsana, orang tua tersebut bilang lg, "Insya Allah pasti hamil".. dan istri sy minum obatnya setiap hari sampai habis sebotol, ALHAMDULILLAH sy bisa melihat istri saya tersenyum bahagia saat melihat hasil tespek positif di bulan berikutnya.. bahkan kami melihat anak sy saat USG pertama di kehamilan 4 bulan.. sangat bahagia.. terimakasih ya Allah. singkat cerita, ternyata mereka yg sy ketahui di kampung sy yg terlambat hamil jg, sampai sy heran tiba2 ada kabar undangan hakikah dr mereka.. ternyata mereka ambil obat dr orang tua tersebut jg..

    saya siap bantuki semua.. di luar sulawesi jg sy siap bantu. ingatki semua nah.. ini cuma alternatif terakhir.. jgn putus asa untuk berobat dulu.. jgn lupa berdoa dan sabar atas cobaan dr Tuhan.. utk pernikahan di atas 3 tahun blum ada keturunan, silahkan klo memang mau.. karena orang tua tersebut jg sdh berumur sekali.. kapanpun sy siap bantuki. ini nomor sy 082347744373. sms atau telfon sy layani yg penting sy tidak sibuk. kabari saja saudara..

    BalasHapus
  4. Kami Hadir Untuk Menjalin Tali Silatuh Rahmi,Guna Untuk Membantu Para Masyarakat Di Muka Bumi Ini ,Dengan Segala Permasalahan Yang Ada,Karena Di Dalam Masyarakat Yang Kita Tahu Saat Sekarang Ini,Masih Banyak Masyarakat Yang Hidup Dibawah Garis Kemiskinan,Untuk Itu,Izinkan Saya Mbah Karwo Untuk Memberikan Solusi Terbaik Untuk Anda Yang Sangat Membutuhkan.Ada Berbagai Cara Untuk Membantu Mengatasi Masalah Perekonomian,Dengan Jalan ; 1,Melalui Angka Togel Jitu ; Supranatural 2,Pesugihan Serba Bisa 3,Pesugihan Uang Balik/Bank ghaib 4,Ilmu Pengasihan 5,DLL HANYA DENGAN BERMODALKAN KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN,INSYA ALLAH ITU SEMUANYA AKAN BERHASIL SESUAI DENGAN KEINGINAN ANDA... Dunia yang akan mewujudkan impian anda dalam sekejab dan menuntaskan masalah keuangan anda dalam waktu yang singkat. Mungkin tidak pernah terpikir dalam hidup kita untuk menyentuh hal hal seperti ini. Ketika terpikirkan kekuasaan, uang dalam genggaman, semua bisa dikendalikan sesuai keinginan kita.Semua bisa diselesaikan secara logika.Tapi akankah logika selalu bisa menyelesaikan masalah kita. Pesugihan Mbah Karwo Mbah memiliki ilmu supranatural yang bisa menghasilkan angka angka putaran togel yang sangat mengagumkan, ini sudah di buktikan member bahkan yang sudah merasakan kemenangan(berhasil), baik di indonesia maupun di luar negeri.. ritual khusus di laksanakan di tempat tertentu, hasil ritual bisa menghasilkan angka 2D,3D,4D,5D.6D. sesuai permintaan pasien.Mbah bisa menembus semua jenis putaran togel. baik itu SGP/HK/Malaysia/Sydnei, maupun putaran lainnya. Mbah Akan Membantu Anda Dengan Angka Ghoib Yang Sangat Mengagumkan "Kunci keberhasilan anda adalah harus optimis karena dengan optimis.. angka hasil ritual pasti berhasil !! BERGABUNGLAH DAN RAIH KEMENANGAN ANDA..! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!! Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini 1. Di Lilit Hutang 2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel 3. Barang berharga Anda Sudah Habis Buat Judi Togel 4. Anda Sudah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…Selama Mentari Masih Bersinar Masih Ada Harapan Untuk Hari Esok.Kami akan membantu anda semua dengan Angka Ritual Kami..Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja… Apabila Anda Ingin Mendapatkan Nomor Jitu 2D 3D 4D 6D Dari Mbah Karwo Selama Lima Kali Putaran,Silahkan Bergabung dengan Uang Pendaftaran Paket 2D Sebesar Rp. 300.000 Paket 3D Sebesar Rp. 500.000 Paket 4D Sebesar Rp. 700.000 Paket 6D Sebesar Rp. 1.500.000 dikirim Ke Rekening BRI.Atas Nama:No Rekening PENDAFTARAN MEMBER FORMAT PENDAFTARAN KETIK: Nama Anda#Kota Anda#Kabupaten#Togel SGP/HKG#DLL LALU kirim ke no HP : ( 0852-3162-7267 ) SILAHKAN HUBUNGI EYANG GURU:0852-3162-7267

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum Wr. Wb
    Selamat Pagi/Siang/Sore/Malam

    Salam Hormat,
    Dalam rangka penyusunan skripsi untuk menyelesaikan studi jenjang Strata 1 (S1), saya Sarah Andreina Jasmine mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma memohon kesediaan Anda untuk membantu mengisi kuesioner ini sesuai dengan keadaan yang Anda alami dan rasakan.

    Adapun kriteria yang saya butuhkan :
    - Wanita yang sudah menikah dengan usia pernikahan minimal 1 tahun dan belum mempunyai keturunan ( anak).

    Maka saya memohon bantuan dan kerjasama anda untuk mengisi kuesioner dibawah ini:

    https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSdmw7wzuIujQRga3hqsMmgGxC5ETf4RDOmdnuO8qx5WD7rXWg/viewform?usp=sf_link

    Jawaban yang Anda berikan semua adalah benar dan tidak ada yang salah. Namun jawaban terbaik adalah yang paling sesuai dengan diri Anda. Sesuai dengan kode etik penelitian, semua jawaban yang Anda berikan akan sangat amat terjaga kerahasiannya dan hanya digunakan untuk keperluan penelitian.
    Atas kerjasama dan kesediaan Anda meluangkan waktu mengisi kuesioner ini, saya ucapkan terimakasih.

    Hormat Saya
    Sarah Andreina Jasmine

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum Wr. Wb
    Selamat Pagi/Siang/Sore/Malam

    Salam Hormat,
    Dalam rangka penyusunan skripsi untuk menyelesaikan studi jenjang Strata 1 (S1), saya Sarah Andreina Jasmine mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma memohon kesediaan Anda untuk membantu mengisi kuesioner ini sesuai dengan keadaan yang Anda alami dan rasakan.

    Adapun kriteria yang saya butuhkan :
    - Wanita yang sudah menikah dengan usia pernikahan minimal 1 tahun dan belum mempunyai keturunan ( anak).

    Maka saya memohon bantuan dan kerjasama anda untuk mengisi kuesioner dibawah ini:

    https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSdmw7wzuIujQRga3hqsMmgGxC5ETf4RDOmdnuO8qx5WD7rXWg/viewform?usp=sf_link

    Jawaban yang Anda berikan semua adalah benar dan tidak ada yang salah. Namun jawaban terbaik adalah yang paling sesuai dengan diri Anda. Sesuai dengan kode etik penelitian, semua jawaban yang Anda berikan akan sangat amat terjaga kerahasiannya dan hanya digunakan untuk keperluan penelitian.
    Atas kerjasama dan kesediaan Anda meluangkan waktu mengisi kuesioner ini, saya ucapkan terimakasih.

    Hormat Saya
    Sarah Andreina Jasmine

    BalasHapus
  7. CALL CENTRE :
    Telpon : 082138793735
    WhatsApp : 082138793735
    BlackBerry : DA 440 3B7


    [IMG]http://hongfarma.com/wp-content/uploads/2015/01/SEMENAX-Kapsul-Obat-Penyubur-Sperma-Alami.jpg[/IMG]


    [URL="http://hongfarma.com/blog/semenax-kapsul-obat-penyubur-sperma/"]SEMENAX Kapsul Obat Penyubur Sperma Alami[/URL]

    Semenax Kapsul Obat Penyubur Sperma Alami
    Semenax Kapsul Produk Alami Penambah Sperma Khusus untuk Pria agar bisa Mempunyai sperma yang lebih baik dan Berkualitas. Suplemen obat pengental sperma bermanfaat untuk membantu pria yang mempunyai masalah dengan mani encer dan sedikit saat orgasme, Semenax Obat Penambah Sperma juga untuk mengentalkan dan menambah sperma. Problem masalah yang dialami oleh pasangan suami istri yaitu kualitas sperma yang buruk menjadikan susah mendapatkan keturunan, Karena faktor medis yaitu kurang kentalnya sperma sang Pria, Sehingga menyebabkan pria tidak mampu memenembus dinding rahim ketika mengeluarkan sperma saat berhubunga intim. Maka yang anda perlukan khususnya kaum Pria adalah Semenax Kapsul untuk membantu dalam menambah dan menyuburkan sperma dengan kuwalitas terbaik.

    penyubur sperma, penyubur kandungan, penyubur mani, pengental sperma, semenaxJadilah Suami yang bisa Memberikan kebahagian secara batin kepada istri anda dengan menjadikan diri anda lebih sehat jasmani dan berkualitas untuk mendapatkan keturunan yang lebih baik. Supplement Herbal Semenax Kapsul di buat khusus untuk pria yang mengalami masalah dengan kualitas sperma yang sedikit dan mempermudah dalam mencapai keturunan, Karena dengan mengkonsumsi Semenax maka Sperma anda akan menjadi lebih kental dan bagus, Produk ini bagus untuk kesehatan vitalitas pria yang mencakup semua masalah di ranjang termasuk ejakulasi dini dan tidak mengandung efek samping sangat mengutamakan keamanan dan kenyamanan dalam membantu menjaga keharmonisan rumah tangga.

    Khasiat Dan Manfaat Mengkonsumsi Obat Semenax Kapsul :
    Menambah dan meningkatkan kesuburan Pria
    Sperma (Air Mani) Lebih Banyak Setiap Anda Mencapai orgasme.
    Sperma (Air Mani) Lebih bagus dan Berkualitas.
    Ereksi Yang Lebih Hebat, Mantap Dan Bertenaga.
    Meningkatkan Volume Sperma (Air Mani) Dan Mengental Sperma (Air Mani).
    Tahan Lama Dengan Keluar Yang Lebih Deras.
    Meningkatkan Volume Ejakulasi Anda.
    Pengalaman Ereksi Lebih Keras Untuk Jangka Waktu Yang Jauh Lebih Lama.
    Mengintensifkan Dan Memperpanjang Orgasme Anda.
    Orgasme Lebih Lama Dan Berulang Ulang
    obat semenax, cepat hamil, cara cepat hamil, hamil, obat penyubur sperma

    Testimoni Sperma :
    Suplemen ini diformulasikan khusus untuk membantu Pria dalam meningkatkan volume sperma dan juga untuk kesehatan vitalitas saat berhubungan seksual, Semenax merupakan Obat Alami tanpa efek samping. Ada beberapa komposisi sehat yang diformulasikan dalam suplemen ini diantaranya :

    Swedish Flower, Dimanfaatkan untuk membantu mengurangi tekanan prostat agar bekerja efektif dan efisien.
    L – Arginine HCl. Membantu meningkatkan kualitas dan kesuburan air mani.
    L – Lysine. Berfungsi dalam meningkatkan jumlah sperma anda.
    Epimedium Sagittatum. Berfungsi dalam menambah stamina dan meningkatkan hormone testosterone.
    Zinc Oxide, Mengentalkan sperma.
    L – Carnitine, Asam ini banyak dijumpai pada sperma yang sehat.
    Catuaba Bark, Menguatkan daya seksual anda.
    Pumpkin seed, Menjaga kesehatan prostat dan testosterone anda.
    Maca, Menambah tenaga dan stamina ketika seks.
    Vitamin E, Untuk menyehatkan penis anda.
    Pine Park, Meningkatkan power tubuh yang menghasilkan nitric oxide.
    Muira Puama, Menambah stamina dan pendongkrak seksual anda ketika bersenggama.
    Hawthorne, Tribulus terrestris, Avena Sativa, Dan Sarsaparilla, Semua bahan tersebut membantu anda memuaskan pasangan hidup anda, guna mencapai klimaks maksimal.
    Semenax sangat bermanfaat bagi kesehatan seksual Pria untuk membahagiakan pasangan tercinta, Menciptakan keharmonisan yang luar biasa dalam rumah tangga.

    Aturan Minum Obat Semenax Kapsul :
    diminum 3 kali sehari secara rutin dan anda akan mendapatkan hasilnya.


    BalasHapus
  8. Mau sharing dari sisi lain bagi yang menginginkan kehadiran si buah hati, silahkan kunjungi blog kami: http://www.diruqyahsaja.com/2018/01/gangguan-jin-pada-rahim-wanita.html

    BalasHapus
  9. Kadangkala keinginan untuk hamil terhalang oleh gangguan jin pada rahim, tentunya dengan izin Allah SWT. Silahkan cek link berikut untuk melihat gejala dan tanda-tandanya.

    https://www.diruqyahsaja.com/2018/01/gangguan-jin-pada-rahim-wanita.html

    BalasHapus

Posting Komentar