Ketika Zaman Sudah Berbicara kepada Penguasa




 



YAHYA BIN KHALID AL BARMAKI sebelumnya amat dekat dengan Harun Ar Rasyid, karena istrinya merupakan ibu sepersusuan Ar Rasyid. Penghormatan Ar Rasyid kepada Yahya pun sangat besar, hingga diangkatlah ia menjadi menteri dan selalu diajak berunding untuk memutuskan perkara-perkara besar. Para putra Yahya sendiri diangkat menjadi gubernur di beberapa wilayah.
Namun keadaan berbalik setelah ada perselisihan antara Yahya dengan Ar Rasyid, karena dinilai keluarga Yahya terlalu banyak mencampuri urusan istana. Hingga Yahya dan para putranya dikurung dalam penjara.
Saat sama-sama tinggal di penjara, Jakfar putra Yahya berbicara kepadanya ayahnya ,”Wahai ayah, setelah kita bebas melarang dan memerintah serta memiliki banyak harta, kini kita sepanjang masa berada dalam belenggu dan penjara.”
Maka, ayahnya menjawab,”Wahai anakku, bisa saja ini karena doa orang yang terdzalimi. Dimana kita tidak menghiraukannya namun Allah tidak pernah membiarkannya.”
Kemudian Yahya pun bersyair,”Kadang kaum pada awalnya dalam kenikmatan. Masa-masa dipenuhi dengan kekenyangan air melimpah. Sedangkan zaman mendiamkannya sementara. Tatkala zaman berbicara mereka pun menangis darah.”

Komentar