Peziarah Haji dengan Berjalan Kaki Asal Bosnia telah Sampai di Turki

Seorang Muslim Bosnia bernama Senad Hadzic, yang meninggalkan rumah pada bulan Desember tahun lalu menuju ke Makkah untuk ibadah haji dengan berjalan kaki, Senin kemarin (5/30 mengatakan kepada AFP bahwa dirinyaa telah mencapai Bosphorus di Turki.
"Sampai sekarang, saya sudah di jalan selama lebih kurang enam puluh hari, melakukan perjalanan antara 20 dan 60 kilometer per hari," kata Hadzic kepada AFP melalui telepon.
Hadzic, 47 tahun, meninggalkan Bosnia timur laut dari kota Banovici pada tanggal 10 Desember tahun lalu. Dia mencapai Istanbul setelah persimpangan Serbia dan Bulgaria pada 6.000 kilometer perjalanannya.
Ia berencana untuk tiba di Makkah, kota suci umat Islam di barat daya Arab Saudi pada pertengahan Oktober tahun ini, pada saat Idul Adha, atau Hari Raya Kurban.

Dalam ransel, Hadzic hanya membawa Al-Quran, sebuah sajadah dan peta serta bendera dari negara-negara yang dilaluinya dalam perjalanan ke Makkah.
"Setelah Turki, saya ingin menyeberang ke Suriah, meskipun terjadi konflik di sana. Saya akan melambaikan bendera Suriah dengan kata-kata 'kebebasan' tertulis di atasnya dan sayaakan berdoa bagi para korban "konflik, ujarnya.
Ibadah Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam dan harus dilakukan minimal sekali dalam seumur hidup oleh mereka yang mampu melakukannya.
Umat Islam membuat sekitar hampir 50 persen dari 3,8 juta penduduk Bosnia, dengan penduduk yang tersisa sebagian besar Ortodoks atau Kristen Katolik. (fq/afp)

Komentar