Tips Jitu Agar Anak Doyan Makanan Sehat

Tips Jitu Agar Anak Doyan Makanan Sehat
Ilustrasi

, JAKARTA -- Acapkali orangtua dibuat pusing karena buah hatinya enggan makan makanan sehat. Sharon Hoerr, profesor ilmu makanan dan nutrisi manusia dari Michigan State University (MSU) punya tips jitu mengatasi masalah tersebut.

Sharon mengatakan, cara ampuh agar anak doyan makanan sehat adalah dengan menyediakan suasana makan sehat di rumah. Caranya dengan menerapkan menu makanan yang seimbang dan mengurangi membawa pulang beraneka makanan tidak sehat.

Menurutnya, bila orang tua melarang secara berlebihan anak untuk memakan sesuatu, padahal orang lain di rumah memakannya di depan anak-anak, maka ini justru bakal menimbulkan pola makan yang tidak sehat. Dengan kata lain, bila orang-orang dewasa sedang menyantap makanan tidak sehat, jangan sampai dilihat anak.
Sedangkan untuk tipe anak yang suka pilih-pilih makanan, Sharon menyarankan agar pada orang tua membuat anak tertarik dengan pola makan yang seimbang.  "Bawa mereka ke taman atau pasar, biarkan anak memilih sendiri buah atau sayur apa yang mereka hendak cicipi. Ajak anak Anda memasak sayur itu di rumah," ujar dia menjelaskan seperti dikutip dari laman ScienceDaily.

 
REPUBLIKA.CO.ID

Komentar