belalang : hadist, sumber makanan yang bagus,Panduan awal beternak belalang

Beternak belalang
Belalang kayu (Valanga nigricornis).

Carilah informasi mengenai belalang kayu (Valanga nigricornis) yang memiliki warna dominan hijau, serta  belalang setan (Tetrix undulata) yang memiliki warna dominan cokelat. Kedua spesies belalang ini dianggap yang paling bagus untuk pakan burung.
Untuk mengembangbiakkan belalang sebenarnya tidak terlalu rumit. Sepasang induk belalang dapat bertelur sebanyak 70 –  100 butir telur, yang ditanam di dalam pasir dengan kedalaman 5 – 7 cm. Telur-telur tersebut kemudian akan menetas selama 5 – 8 hari.
Media yang bisa digunakan untuk beternak belalang antara lain toples. Pertama kali, masukkan pasir ke dalam toples hingga ketinggian pasir mencapai 5 – 7 cm. Basahi media pasir ini dengan sedikit air, untuk memberikan suasana lembab. Jangan sampai terlalu basah, apalagi becek, jadi secukupnya saja.
Selanjutnya, ambil wortel dan sayuran, kemudian dipotong-potong. Masukkan potongan wortel dan sayuran ke dalam toples, sehingga posisinya di atas lapisan pasir. Masukkan pula sedikit dedaunan / rumput ke dalam toples.
Setelah media sudah terisi pasir, wortel, sayuran, dan rumput, kini saatnya memasukkan sepasang belalang ke dalam toples. Pastikan sepasang belalang ini jantan dan betina. Jika tidak, maka tidak akan pernah ada telur yang bisa dijumpai (karena keduanya jantan), atau ada telur tapi tak pernah menetas (keduanya betina).
Toples yang digunakan untuk ternak belalang
Toples yang digunakan untuk beternak belalang.

Membedakan jenis kelamin belalang
Nah, yang menjadi persoalan adalah bagaimana melakukan sexing atau membedakan jenis kelamin dari induk belalang yang dimasukkan dalam toples.
Cara paling mudah dalam melakukan sexing adalah mengamati bagian paling belakang (posterior) dari tubuh belalang, tempat di mana terdapat anus. Pada belalang betina, bagian belakang ini akan terlihat bercabang. Hal ini tidak dijumpai pada belalang jantan, yang ujungnya tunggal. Jadi, mudah sekali bukan cara membedakan jantan dan betina pada belalang?
Belalang betina sebalah kriri memiliki ujung yang bercabang
Belalang betina (kiri) memiliki ujung bercabang.
Jika sudah bertelur, maka dalam waktu singkat (5 – 8 hari) telur-telur ini akan menetas. Induk bersama larva yang menetas akan memperoleh pakan dari wortel, sayuran, dan rumput yang dimasukkan dalam toples tadi.
Lama pemeliharaan belalang sejak masih berujud telur hingga dipanen sekitar 75 hari. Asal tahu saja, banyak juga peternak belalang yang mengolah produknya menjadi penganan untuk manusia, seperti keriping belalang, botok belalang, dan sebagainya.
Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun pernah menganjurkan masyarakat di negara yang mengalami krisis gizi, terutama di Afrika, untuk mengkonsumsi makanan berbahan baku belalang, karena kandungan proteinnya yang spektakular, sekitar 62 persen !!!
Semoga bermanfaat.










Makan Belalang


Hadist tentang belalang




Hadits Tirmidzi 1744

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ أَبِي يَعْفُورٍ الْعَبْدِيِّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى أَنَّهُ سُئِلَ عَنْ الْجَرَادِ فَقَالَ غَزَوْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سِتَّ غَزَوَاتٍ نَأْكُلُ الْجَرَادَ قَالَ أَبُو عِيسَى هَكَذَا رَوَى سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ أَبِي يَعْفُورٍ هَذَا الْحَدِيثَ وَقَالَ سِتَّ غَزَوَاتٍ وَرَوَى سُفْيَانُ الثَّوْرِيُّ وَغَيْرُ وَاحِدٍ هَذَا الْحَدِيثَ عَنْ أَبِي يَعْفُورٍ فَقَالَ سَبْعَ غَزَوَاتٍ

Aku telah berperang bersama-sama dgn Rasulullah sebanyak enam kali peperangan, & saat itu kami memakan belalang. Abu Isa berkata; Seperti inilah yg diriwayatkan oleh Sufyan bin Uyainah dari Abu Ya'fur & ia menyebutkan; Enam kali peperangan. Sufyan Ats Tsauri & yg lainnya juga meriwayatkan hadits ini dari Abu Ya'fur & ia menyebutkan; Tujuh kali peperangan. [HR. Tirmidzi No.1744].
Hadits Tirmidzi 1745

حَدَّثَنَا مَحْمُودُ بْنُ غَيْلَانَ حَدَّثَنَا أَبُو أَحْمَدَ وَالْمُؤَمَّلُ قَالَا حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ أَبِي يَعْفُورٍ عَنْ ابْنِ أَبِي أَوْفَى قَالَ غَزَوْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَبْعَ غَزَوَاتٍ نَأْكُلُ الْجَرَادَ قَالَ أَبُو عِيسَى وَرَوَى شُعْبَةُ هَذَا الْحَدِيثَ عَنْ أَبِي يَعْفُورٍ عَنْ ابْنِ أَبِي أَوْفَى قَالَ غَزَوْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ غَزَوَاتٍ نَأْكُلُ الْجَرَادَ حَدَّثَنَا بِذَلِكَ مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ بِهَذَا قَالَ وَفِي الْبَاب عَنْ ابْنِ عُمَرَ وَجَابِرٍ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ وَأَبُو يَعْفُورٍ اسْمُهُ وَاقِدٌ وَيُقَالُ وَقْدَانُ أَيْضًا وَأَبُو يَعْفُورٍ الْآخَرُ اسْمُهُ عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عُبَيْدِ بْنِ نِسْطَاسَ

Kami telah berperang bersama-sama dgn Rasulullah sebanyak tujuh kali peperangan, maka di saat itu pula kami makan belalang. Abu Isa berkakta; Syu'bah meriwayatkan hadits ini dari Abu Ya'fur dari Ibnu Abu Aufa, ia berkata; Aku telah berperang bersama-sama dgn Rasulullah dalam beberapa kali peperangan, & saat itu kami makan belalang. Demikian begitu pula, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja'far, telah menceritakan kepada kami Syu'bah dgn ini. Dan di dalam bab juga terdapat riwayat dari Ibnu Umar & Jabir. Abu Isa berkata; Ini adl hadits Hasan Shahih. Abu Ya'fur namanya adl Waqid, & biasa juga dipanggil Waqdan. Abu Ya'fur yg lain namanya adl Abdurrahman bin Ubaid bin Nisthas. [HR. Tirmidzi No.1745].
Hadits Abudaud 3317

حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ عُمَرَ النَّمَرِيُّ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ أَبِي يَعْفُورٍ قَالَ سَمِعْتُ ابْنَ أَبِي أَوْفَى وَسَأَلْتُهُ عَنْ الْجَرَادِ فَقَالَ غَزَوْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سِتَّ أَوْ سَبْعَ غَزَوَاتٍ فَكُنَّا نَأْكُلُهُ مَعَهُ

Aku pernah berperang bersama Rasulullah sebanyak enam atau tujuh kali peperangan, & kami pernah memakannya bersama beliau. [HR. Abudaud No.3317].
Hadits Abudaud 3318

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْفَرَجِ الْبَغْدَادِيُّ حَدَّثَنَا ابْنُ الزِّبْرِقَانِ حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ التَّيْمِيُّ عَنْ أَبِي عُثْمَانَ النَّهْدِيِّ عَنْ سَلْمَانَ قَالَ سُئِلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ الْجَرَادِ فَقَالَ أَكْثَرُ جُنُودِ اللَّهِ لَا آكُلُهُ وَلَا أُحَرِّمُهُ قَالَ أَبُو دَاوُد رَوَاهُ الْمُعْتَمِرُ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي عُثْمَانَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمْ يَذْكُرْ سَلْمَانَ حَدَّثَنَا نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ وَعَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ قَالَا حَدَّثَنَا زَكَرِيَّا بْنُ يَحْيَى بْنِ عُمَارَةَ عَنْ أَبِي الْعَوَّامِ الْجَزَّارِ عَنْ أَبِي عُثْمَانَ النَّهْدِيِّ عَنْ سَلْمَانَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ فَقَالَ مِثْلَهُ فَقَالَ أَكْثَرُ جُنْدِ اللَّهِ قَالَ عَلِيٌّ اسْمُهُ فَائِدٌ يَعْنِي أَبَا الْعَوَّامِ قَالَ أَبُو دَاوُد رَوَاهُ حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ عَنْ أَبِي الْعَوَّامِ عَنْ أَبِي عُثْمَانَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمْ يَذْكُرْ سَلْمَانَ

Nabi ditanya mengenai belalang, kemudian beliau bersabda:
Mereka adl tentara Allah terbanyak. Aku tak memakannya & tak mengharamkannya. Abu Daud berkata, Hadits tersebut diriwayatkan oleh Al Mu'tamir dari Ayahnya dari Abu Utsman dari Nabi , namun ia tak menyebutkan Salman. Telah menceritakan kepada kami Nashr bin Ali serta Ali bin Abdullah mereka berkata; telah menceritakan kepada kami Zakaria bin Yahya bin 'Umarah dari Abu Al 'Awwam Al Hazzar dari Abu Utsman An Nahdi dari Salman bahwa Rasulullah ditanya, kemudian beliau mengatakan seperti itu. Beliau bersabda:
Mereka adl pasukan Allah yg terbanyak. Ali berkata, Namanya adl Faid Abu Al 'Awwam. Abu Daud berkata, Hadits tersebut diriwayatkan oleh Hammad bin Salamah dari Abu Al 'Awwam dari Abu Utsman dari Nabi , namuan Ia tak menyebutkan Salman. [HR. Abudaud No.3318].
Hadits Bukhari 5071

حَدَّثَنَا أَبُو الْوَلِيدِ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ أَبِي يَعْفُورٍ قَالَ سَمِعْتُ ابْنَ أَبِي أَوْفَى رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ غَزَوْنَا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَبْعَ غَزَوَاتٍ أَوْ سِتًّا كُنَّا نَأْكُلُ مَعَهُ الْجَرَادَ قَالَ سُفْيَانُ وَأَبُو عَوَانَةَ وَإِسْرَائِيلُ عَنْ أَبِي يَعْفُورٍ عَنْ ابْنِ أَبِي أَوْفَى سَبْعَ غَزَوَاتٍ

Kami pernah bersama Nabi melakukan peperangan sebanyak tujuh atau enam kali, & setiap itu kami bersama beliau makan belalang. Sufyan & Abu Awanah & Israil menyebutkan dari Abu Ya'fur dari Ibnu Abu Aufa dgn lafadz, Tujuh peperangan. [HR. Bukhari No.5071].
Hadits Darimi 1925

أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يُوسُفَ عَنْ سُفْيَانَ عَنْ أَبِي يَعْفُورٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى قَالَ غَزَوْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَبْعَ غَزَوَاتٍ نَأْكُلُ الْجَرَادَ

Kami pernah berperang bersama Rasulullah sebanyak tujuh kali & hanya memakan belalang. [HR. Darimi No.1925].

Edited by Dog2410, Jabby Napigkit, Eliy, Ajarrell2001 and 8 others
This article will tell you how to catch, breed,and take care of grasshoppers.

Edit Steps

  1. 1
    Catch some grasshoppers. Look in tall grass as they are almost often found there.
  2. 2
    Get a container, preferable see-through. Choose one that has a lid on it.
  3. 3
    Add dirt or sand to cover the bottom, then add bits of grass, leaves, little slices of vegetables and other natural objects. Make sure that they fit in the container and are not too big.
    • You may also want to add a wood block or some twigs.
  4. 4
    Make sure the lid is a little loose.
  5. 5
    Put the grasshoppers in. If they manage to escape, catch them or have someone help you.
  6. 6
    Find a male and female grasshopper, and put them in the container.
    • Remember that while females have two little hooks near the end of there body, males don't.
  7. 7
    Dampen the sand/dirt at the bottom of the container. Do not add too much water.
    • If the female grasshopper is pregnant, she will lay her eggs at the bottom in the dirt/sand.
  8. 8
    Leave the grasshoppers some fresh food regularly and a sprinkle of water too. A small spray bottle can be used instead of sprinkling the water.

How to Raise Grasshoppers

Place a cup of moist sand for your grasshopper to lay her eggs.
Place a cup of moist sand for your grasshopper to lay her eggs.

American grasshoppers (Schistocerca americana) live throughout North America, Mexico and the Bahamas and can be raised pets or farmed. They are large for insects, and they have powerful hind legs that allow them to jump long distances. Despite their size, they are herbivores.

Basic Materials

Get a gallon jar or aquarium and a wire mesh screen for the lid. Make sure mesh is small enough that tiny baby grasshoppers can't jump through and escape. Use a normal light bulb or lamp for a radiant heat source. Ideally you should place it inside the tank or at least close. Keep the light on for about 16 hours a day. Keep a cup of slightly moist (not soaked) sand for the eggs to be laid in.

Feeding Grasshoppers

Feed your grasshoppers a mixture of greens like cabbage, nightshade, lettuce or grass. Use a variety of vegetation. Wash the greens first so all the pesticides and residues are completely removed. Keep a capful of bran or wheat germ in the habitat as well so they will have some dry food to munch on.

Hydration from Food

Grasshoppers do not need to be watered as long as you provide them with fresh food and bran. They get their hydration from their food and do not require further sources for water. Keep the humidity of the habitat low and the tank dry.

Hatching Nymphs

Grasshoppers will lay their eggs 2 to 3 cm below the surface of the sand you provide them because they prefer to have some ground to cover the eggs. They lay 60 to 80 eggs at a time in a frothy cluster. Incubate the eggs at 83 degrees Fahrenheit. The eggs will hatch three to four weeks after they have been laid. The baby grasshoppers, or nymphs, will push their way up to the surface after hatching.


Komentar