Membuat Sendiri Air Alkalin (Basa) dan Manfaatnya Bagi Kesehatan


      

Air Lemon 2

Merupakan suatu yang hal sangat penting bagi kita untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang memenuhi kebutuhan tubuh. Sifat ’asam’ diperoleh jika pH kurang dari 7, sedangkan ’basa’ berarti mengandung pH lebih dari 7. Kadar pH ideal bagi tubuh adalah 7.35-7.45, yakni sedikit alkaline. pH atau Potential Hydrogen merupakan konsentrasi ion hidrogen dalam suatu zat yang menentukan tingkat keasaman atau basa. Standar pH adalah 0-14. Sedangkan pH ideal atau normal untuk manusia adalah 7-7,4. Tubuh manusia memang sedikit basa. Dengan pH ideal tubuh akan lebih kuat menahan penyakit. Tes uji pH bisa dilakukan dengan urine atau air liur.
Makanan diklasifikasikan sebagai pembentuk asam atau pembentuk basa tergantung pada pengaruhnya terhadap tubuh. Sebuah makanan pembentuk asam mengkontribusikan ion hidrogen pada tubuh, sehingga mengakibatkan asam. Sedangkan sebuah makanan pembentuk basa menghilangkan ion hidrogen dari tubuh, sehingga mengakibatkan basa. Penting untuk dimengerti bahwa klasifikasi ini berdasarkan pada efek makanan terhadap tubuh setelah melewati proses pencernaan, bukan pada keasaman atau kebasaan intrinsik dari makanan itu sendiri (rasa makanan di lidah kita).
Kesalahpahaman yang sering terjadi adalah jika makanan terasa asam di lidah, maka makanan tersebut memiliki efek pembentuk asam pada tubuh. Hal ini tidak selalu benar. Kebanyakan, makanan yang terasa asam merupakan pembentuk basa pada tubuh. Contohnya adalah buah lemon. Memang buah lemon terasa asam di lidah, namun buah lemon adalah pembentuk basa karena residu (mineral) yang ditinggalkan setelah proses pencernaan membantu menghilangkan ion hidrogen, sehingga mengakibatkan efek basa pada tubuh.
Untuk mendapatkan kondisi kesehatan yang optimal, dibutuhkan pH tubuh sedikit diatas 7.0 (sedikit basa). Dan ketika kita mampu menjaga angka pH tubuh pada angka optimal, maka metabolisme, enzim-enzim, sistem imun dan perbaikan akan dapat bekerja dengan efektif. Dengan mempertahankan pH pada angka tersebut diatas, berarti tubuh kita memiliki mineral-mineral yang memadai untuk menyeimbangkan kondisi asam di dalam tubuh.
Cara kerja program Acid-Alkaline Diet adalah menyeimbangkan pH hingga tingkat optimal, lalu membangun sel dan jaringan tubuh, sehingga badan menjadi sehat. Dengan cara ini, berarti juga telah melakukan detoksifikasi (pembuangan racun dari dalam tubuh), sehingga sel-sel tubuh dapat berfungsi dengan baik. Metode  ini memiliki beberapa manfaat, di antaranya meningkatkan energi, memperbaiki pencernaan, menurunkan berat badan, serta mengurangi nyeri. Tak hanya itu, tekanan darah tinggi dan kadar gula dalam darah juga dapat diatasi.

Kenapa Tubuh Bisa Menjadi Terlalu Asam?
Pakar kesehatan menduga pola makan dan gaya hidup stres dapat mempengaruhi langsung tingkat pH dan yang menentukan seberapa baik sistem kekebalan tubuh berfungsi. Sistem kekebalan tubuh yang lemah berarti gampang terinfeksi. Asam yang tinggi juga memungkinkan kolesterol buruk atau LDL (Low Density Lipoprotein) menumpuk cepat dalam arteri yang merusak dinding pembuluh darah dan menciptakan penumpukan plak.
Tubuh menjadi terlalu asam ketika seseorang terlalu sering makan makanan olahan, makanan kemasan, makanan manis, pasta, produk susu (susu, keju, es krim), minuman beralkohol, obat-obatan, garam meja. Makan daging juga meningkatkan keasaman tubuh.
Sementara stres ikut memainkan peranan penting dalam menciptakan tubuh yang terlalu asam. Ini menjawab mengapa orang yang terus hidup dalam ketegangan dan kekakuan cenderung memiliki asam yang banyak.
Jika seseorang mengalami kurang tidur, kurang olahraga, menghadapi peristiwa yang mengubah hidup seperti kehilangan pekerjaan, perceraian atau pindah ke kota baru, tubuh biasanya akan memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.

Apa Akibatnya Jika Tubuh Terlalu Asam?
Jika ph di bawah 7 maka itu artinya tubuh terlalu asam. Ini sangat berbahaya karena tubuh tidak bisa mentolerir ketidakseimbangan asam dalam waktu lama. Jika pH terlalu rendah itu artinya terjadi penumpukan karbondioksida dalam darah. Karbondioksida yang tinggi akan membuat pernafasan jadi sulit.
Kondisi tubuh yang asam menyebabkan kelelahan, nyeri, kulit melepuh, sakit kepala, mengantuk, alergi, pilek dan flu, masalah sinus. Kadar oksigen menurun akibat penumpukan karbondioksida dalam darah. Jika oksigen turun sel-sel tubuh akan mati.
Orang yang memiliki tubuh terlalu asam lebih gampang terkena bakteri atau virus. Asal tahu saja, sel kanker lebih mudah berkembang jika tubuh dalam kondisi asam yang berlebihan.
Darah yang asam akan memblokir penyerapan vitamin, membuat racun tersumbat dalam sel, memperlambat fungsi organ, mengganggu sistem pencernaan yang baik, mengeluarkan banyak gas dan perut kembung, menyebabkan kenaikan berat badan tidak sehat dan mempercepat proses penuaan.

Memulihkan Tingkat pH Tubuh
Melakukan perubahan pola makan dan minum dapat membantu mengembalikan keseimbangan pH. Sebagai permulaan, cobalah makan lebih banyak buah dan sayuran segar, almond serta yogurt. Mulailah mengurangi keju, minuman bersoda, alkohol, makanan olahan, pemanis dan gunakan madu sebagai gantinya. Kira-kira 75 persen pola makan yang baik harus terdiri dari makanan yang memproduksi basa.

Jika perubahan pola makan ini terlalu sulit bisa mempertimbangkan menggunakan suplemen basa. Sebuah penelitian pernah dilakukan bahwa suplemen basa bisa meningkatkan pH yang asam menjadi normal. Tapi ilmuwan lebih menyarankan untuk mengurangi keasaman tubuh dengan makanan sehat.
Untuk menurunkan tingkat stres agar pH kembali ke batas normal bisa juga mencoba melakukan latihan pernapasan dan makan makanan mengandung basa. Berjalan kaki 10 menit setiap hari juga bisa mengurangi stres dan memulihkan keseimbangan.

Membuat “Air Alkalin”
Bagaimana cara paling mudah dan murah membuat Air Alkalin? Berikut ini uraiannya: taruh 2-3 irisan tipis lemon di dalam cangkir yg berisi air minum. Air itu akan menjadi “Air Alkali”. Minum sepanjang hari dengan hanya menambahkan air. Jadikan itu sebagai minuman sehari-hari. Hal ini baik untuk kesehatan.
Lemon merupakan buah dengan vitamin C yang tinggi (80-90 mg). Berdasarkan penelitian Institute of Health Sciences, 819 N. L.L.C.Charles Street Baltimore, MD1201. erdasarkan penelitian Institute of Health Sciences, 819 N. L.L.C.Charles Street Baltimore, MD1201, lemon adalah makanan yang bersifat asam, padahal tubuh yang sehat bersifat basa. Tetapi ketika masuk ke dalam tubuh, lemon akan bersifat basa dan kandungan asam sitrat dalam lemon tidak menciptakan keasaman dalam metabolisme tubuh. Sehingga pH dalam tubuh anda tetap seimbang dengan mengonsumsi lemon.
Ini adalah penemuan terbaru dibidang pengobatan, efektif untuk kanker. Lemon (Citrus) adalah produk alami  ajaib untuk membunuh sel kanker yang 10,000 kali lebih kuat dari chemotherapy Mengapa kita tidak tahu tentang ini? Karena ada beberapa laboratorium yangg lebih tertarik untuk membuat versi sintetik yang menghasilkan keuntungan besar.
Sekarang anda dapat menolong teman-teman anda dengan memberi tahu bahwa lemon juice adalah menguntungkan dalam mencegah penyakit. Rasanya enak dan tidak menimbulkan akibat yang mengerikan seperti chemotherapy. Anda dapat memakan buah ini dengan berbagai cara: anda dapat memakan ampasnya, sebagai juice, sorbets (eskrim), dll. Walaupun mempunyai banyak khasiat, tapi yang sangat menarik adalah akibatnya terhadap kista dan tumor. Tanaman ini sudah terbukti adalah obat untuk memberantas macam-macam kanker. Dikatakan juga baik untuk mengatur tekan darah tinggi, anti depresi dan stress.
Informasi yang didapatkan dari perusahaan obat terbesar didunia mengatakan bahwa sesudah melalui 20 test di laboratorium sejak tahun 1970, ekstrak dari buah lemon ini menghancurkan sel-sel ganas dari 12 macam kanker termasuk usus besar, payudara, prostat, paru-paru dan pankreas. Dan yang mengagumkan lagi ialah bahwa terapi macam ini dengan ekstrak dari lemon hanya menghancurkan sel-sel kanker yang ganas dan tidak mempengaruhi sel-sel yang sehat.
Lemon mengandung 22 senyawa antikanker termasuk limonene, yaituminyak yang terjadi secara alamiah yang memperlambat atau menghentikan pertumbuhan tumor dan kanker. Lemon juga mengandung zat yang disebut sebagai glikosida flavonol yang menghentikan pembelahan sel kanker.
Menurut BBC, meminum segelas teh hitam atau hijau dengan buah lemon bisa menurunkan sekitar 70% resiko kanker kulit. Kandungan dari kombinasi teh dan lemon melindungi tubuh dari bahaya sinar matahari (penyebab utama kanker kulit). Anda harus meminum daun teh yang baru diseduh bersama buah lemon segar. Es teh tidak seefektif pada pencegahan kanker karena air dari es yang mencair melarutkan zat efektif yang ada di lemon dan teh.

Manfaat Minum Air Lemon

1. Membantu turunkan berat badan
Minum air lemon pertama kali di pagi hari sebelum Anda mengonsumsi makanan atau minuman lainnya diketahui bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Caranya mudah, Anda tinggal mencampurkan lemon dengan air hangat kuku, namun jangan tambahkan gula di dalamnya.
Menurut Dr. Karl S Kruszelnicki dari ABC Science, konsentrasi asam sitrat dalam lemon tidak cukup untuk membakar lemak dengan sendirinya. Namun lemon meningkatkan metabolisme, menghasilkan panas internal untuk membakar lemak.
Jus lemon yang dikombinasi dengan sedikit air dan madu dipercaya mampu membantu penurunan berat badan dengan meningkatkan metabolisme tubuh. Jus lemon kaya akan vitamin C meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi sedangkan madu memiliki nutrisi dan mineral yang larut lemak.
Jika anda ingin mencoba mengambil manfaat lemon untuk diet, berikut ini resep yang mungkin bisa anda gunakan, cara membuatnya :
Siapkan 1 gelas air hangat kemudian tambahkan 1 sendok teh madu ke dalam air tersebut. Aduk hingga madu larut sepenuhnya dalam air. Potong lemon menjadi beberapa bagian kemudian peraskan airnya ke dalam gelas yang berisi air madu. Aduk hingga rata. Minum larutan air madu dan lemon tersebut sebelum makan.
Untuk penderita diabetes, cukup campurkan lemon dengan air hangat saja. Tidak hanya baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, ternyata asamnya lemon juga bisa mengurangi mulai dari sisa racun dari obat dan alkohol,mengurangi stres,membantu memproduksi darah merah,megurangi reaksi alergi,hingga membantu pembentukan kolagen,mengurangi penyakit lambung dan baik untuk liver (karena sifat basanya).
Lemon juga memiliki kandungan serat pektin yang tinggi, yang membuat anda tidak mudah merasa lapar. Oleh karena itu, lemon dapat dijadikan pilihan yang tepat untuk membantu anda menurunkan berat badan. Kita boleh mengkonsumsi lemon setiap hari karena buah kuning ini tidak akan memberikan efek samping. Tapi agar kesehatan dan sensitifitas gigi tetap terjaga, jangan lupa untuk selalu berkumur dengan air putih setiap kali kita selesai mengkonsumsi lemon. Lemon organik memiliki kadar vitamin C 40% lebih tinggi dari yang non organik.

2.      Mendetoks tubuh
Lemon dikenal dengan kemampuannya untuk menjauhkan manusia dari zat beracun. Begitu juga air lemon. Mengonsumsi air lemon setiap pagi akan membantu mengeluarkan racun-racun yang ada dalam tubuh Anda, serta zat kimia yang bisa merusak kesehatan tubuh.
3.      Membersihkan liver
Tak hanya menghilangkan racun dari dalam tubuh secara keseluruhan, air lemon terutama membantu membersihkan organ penting yaitu liver dari zat beracun yang menumpuk di dalamnya. Liver bekerja dengan memproduksi protein dan zat bio-kimia yang membantu proses pencernaan. Mengonsumsi air lemon di pagi hari akan meningkatkan produksi enzim liver dan membantu tubuh untuk lebih sering buang air kecil. Dengan begitu tak hanya liver yang bersih, tetapi juga ginjal Anda. Hal ini pastinya juga mencegah infeksi dari dalam tubuh.

4.      Mengobati masalah pernapasan
Jika Anda memiliki asma dan alergi yang gejalanya berkaitan dengan pernapasan, maka air lemon bisa menjadi sahabat baru Anda. Selain membantu mengatasi batuk, lemon juga bisa menjadi obat alami untuk mengurangi gejala asma atau alergi. Daripada harus terus minum obat, bukankah lebih baik menggunakan bahan yang lebih alami seperti lemon?

5.      Mencegah penuaan
Ini adalah manfaat lain dari minum air lemon di pagi hari. Lemon yang kaya asam sitrat akan membantu Anda mengurangi kerutan di kulit serta mencegah munculnya jerawat. Tapi jangan lupa, Anda harus minum air lemon setiap pagi sebelum minum atau makan makanan lainnya.

6.      Kesehatan mulut
Buah-buahan sitrus seperti lemon dan jeruk adalah bahan alami yang bisa membantu Anda mengatasi bau mulut. Namun tak hanya itu, lemon juga membantu Anda mencegah kerusakan diri atau karies yang membuat gigi berlubang. Air lemon juga baik untuk menghilangkan sakit gigi.

7.      Mengatasi morning sick
Bagi wanita hamil, mengalami morning sick bisa jadi siksaan setiap pagi. Namun dengan mengonsumsi air lemon hangat di pagi hari, ibu hamil tak perlu terlalu khawatir mengalami morning sick. Air lemon akan mengatasi rasa mual dan mencegah ibu mengalami morning sick yang parah.

8.      Membersihkan usus
Minum air lemon setiap pagi adalah cara alami untuk membersihkan sistem pencernaan, terutama usus. Air lemon juga bisa digunakan untuk membantu masalah pencernaan yang terhambat, seperti pergerakan usus yang tak teratur. Selain itu, air lemon juga membantu membersihkan dan mengeluarkan racun dari organ pencernaan Anda.

9.      Mengobati infeksi tenggorokan
Kandungan antibakteri di dalam lemon membantu mengatasi gangguan infeksi tenggorokan, sakit tenggorokan dan tonsilitis. Untuk mengatasi sakit tenggorokan, berkumurlah dengan menggunakan setengah gelas jus lemon.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi air lemon hangat di pagi hari secara teratur. Jangan ragu untuk membiasakan diri Anda minum air lemon setiap pagi. Namun pastikan untuk tidak menambahkan gula dan lakukan sebelum Anda mengonsumsi makanan atau minuman lainnya.

Bagi orang yang memiliki masalah dengan asam lambung, terutama maag, mengonsumsi buah sitrus seperti lemon bisa mengkhawatirkan mereka. Ross Bridgeford dalam Energize for Life menjelaskan bahwa setelah lemon yang dicampur dengan air hangat tak lagi menambah keasaman dalam tubuh, melainkan bisa menambah tingkat alkali. Meski begitu, jika masalah asam lambung dan maag Anda cukup kronis, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mencoba kebiasaan minum air lemon di pagi hari ini.

Tips Memilih Lemon Yang Baik :
Bobot dari buah lemon yang dipilih harus terasa berat dan buahnya agak sedikit keras.
Pilih buah lemon yang kulitnya berwarna kuning.

(Dari berbagai sumber)

Komentar