Begini Cara Menghindari Infeksi Telinga Bayi


Infeksi telinga (Ilustrasi).

Infeksi telinga (Ilustrasi).
, JAKARTA -- Anda tidak perlu antibiotik atau dokter anak untuk melindungi anak dari infeksi telinga. Inilah, apa yang dapat Anda lakukan untuk membuat anak Anda terhindar dari infeksi telinga seperti dikutip www.parentsindonesia.com.

Jauhkan anak
Jauhkan anak Anda dari anak-anak yang sakit. Infeksi telinga tidak menular, tetapi selesma dapat menyebabkan infeksi telinga.

Penitipan anak
Jika mungkin, pilih penitipan anak dengan kelompok kecil. Semakin banyak anak yang berkumpul bersama-sama, semakin banyak kuman yang mereka sebarkan satu sama lain. Jika hanya sedikit anak-anak, berarti semakin sedikit pula kuman yang disebarkan. Seberapa kecil kelompok anak-anak? "Penelitian di Skandinavia menunjukkan bahwa lima anak cukup," kata Michael S. Marcy, MD. Pusat penitipan anak dengan kelompok kecil mungkin juga memiliki lebih sedikit anak-anak yang berada dalam pengobatan antibiotik.

Hindari anak dari perokok
Hindari anak Anda dari perokok pasif. Asap rokok dapat mengiritasi saluran eustachius, yang menyebabkan rongga telinga mengalami iritasi.

Susui bayi Anda
Dalam sebuah penelitian, bayi yang diberi susu formula selama 6 bulan pertama, 70 persen lebih mungkin mengalami infeksi telinga daripada bayi yang diberi ASI. ASI mengandung antibodi yang membantu melawan penyakit.

Komentar