Berbagai Teknik Penyembuhan dengan Air



High-powered jets: Air hangat dan dingin disemprotkan secara langsung ke tubuh bagian belakang selama 2-3 menit. Terapi ini untuk menstimulasi sirkulasi dan organ bagian dalam. Antara lain bermanfaat untuk mengatasi kurang darah, haid tidak lancar, radang sendi, asma, dan nyeri dada (angina). 
Whirlpool: Berendam dalam air beriak selama 15 menit. Dalam terapi ini tubuh serasa dipijat dengan lembut, sehingga menjadi lebih tenang. Whirlpool dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka, mual dan banyak masalah yang berhubungan dengan peredaran darah.

Sitz bath:
Perawatan dilakukan dengan menggunakan bak mandi yang dibagi menjadi dua bagian. Satu bagian untuk merendam badan sampai paha diisi dengan air hangat.  Satu bagian lagi untuk merendam kaki diisi dengan air dingin. Terapi ini sangat berguna bagi penderita wasir, gangguan haid, kasus sering mengompol.


Pembalutan:
Handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat atau dingin dililitkan ke sekujur tubuh. Kemudian tubuh dibalut lagi memakai handuk kering dan selimut. Perawatan ini dimaksudkan untuk mengeluarkan lebih banyak keringat dari dalam tubuh. Diharapkan keringat itu akan membawa serta racun-racun di dalam tubuh. Terapi ini cocok bagi penderita demam, flu, bronkhitis, sakit punggung dan kelainan pada kulit.
Kompres: Rendam handuk dalam air hangat atau dingin, peras dan balutkan pada daerah tubuh yang dimaksud. Kompres hangat dapat meningkatkan aliran darah, sedangkan kompres dingin bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan.

Steam:
Berdiam dalam ruangan yang beruap selama 20 menit, dapat mempercepat keluarnya keringat dan menghilangkan segala kotoran.

Sauna:
Hampir sama dengan steam, hanya kondisinya lebih kering.

Thalassotherapy:
Terapi ini menggunakan air laut yang mengandung unsur-unsur untuk menyembuhkan. Mineral dalam rumput laut misalnya, berkhasiat untuk mengurangi produksi keringat yang berlebih, juga membersihkan dan memelihara kesehatan kulit.

Komentar