Khasiat dan Manfaat Buah Semangka



semangka
Buah tembikai atau yang lebih dikenal dengan nama semangka tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus). Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus yang identik dengan kadungan air yang melimpah nan segar. Tak ayal buah semangka menjadi buah favorit dalam Cuaca apapun, apalagi saat musim panas seperti ini. Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya (kotiledon) sebagai kuaci.

Buah semangka bersifat dingin dan basah, daging buah semangka juga rendah kalori, buah semangka banyak mengandung air yaitu sebesar 93,4 %, protein 0,5 %, karbohidrat 5,3 %, lemak 0,1 %, serat 0,2 %, abu 0,5 %. Semangka juga mengandung aneka macam vitamin seperti vitamin A, vitamin B, dan juga vitamin C.  Selain itu juga mengandung asam amino sitrulin, asam amino asetat, asam malat, asam fosfat, arginin, betain, likopen, karoten, bromine, natrium, kalium, silvit, lisin, fruktosa, dektrosa dan sukrosa.
Sebagaimana anggota suku ketimun-ketimunan lainnya, habitus tanaman ini merambat namun ia tidak dapat membentuk akar adventif dan tidak dapat memanjat. Jangkauan rambatan dapat mencapai belasan meter.

Daunnya berlekuk-lekuk di tepinya. Bunganya sempurna, berwarna kuning, kecil (diameter 3cm). Semangka adalah andromonoecious monoklin, yaitu memiliki dua jenis bunga pada satu tumbuhan: bunga jantan, yang hanya memiliki benang sari (stamen), dan bunga banci/hermafrodit, yang memiliki benang sari dan putik (pistillum). Bunga banci dapat dikenali dari adanya bakal buah (ovarium) di bagian pangkal bunga berupa pembesaran berbentuk oval.

Manfaat semangka untuk kesehatan

1. Mencegah diabetes
Seperti yang kita ketahui semangka adalah salah satu buah yang sangat kaya akan air. Hal tersebut dapat di manfaatkan bagi para penderita diabetes karena dengan begitu semangka dapat memberi rasa kenyang di tambah lagi semangka termasuk makanan rendah gula, dan kalori.

2. Mencegah kanker
Untuk mencegah penyakit kanker pada tubuh, maka kita di haruskan untuk mengkonsumsi makanan mengandung zat yang dapat memacu pertumbuhan, dan memperbaiki jaringan yang rusak. Di antara zat-zat yang dapat memperbaiki jaringan tubuh yang rusak adalah zat lypocene yang dapat kita temukan pada buah semangka.

3. Menjaga kesehatan ginjal
Pada umumnya kesehatan ginjal dapat terganggu akibat kotoran atau racun yang terdapat pada ginjal. Untuk mengatasi hal tersebut dapat kita lakukan dengan cara banyak mengkonsumsi semangka karena buah semangka banyak mengandung kalium. Kalium ini membantu membersihkan sisa-sisa racun yang terdapat pada ginjal. Selain itu, buah semangka mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah sehingga mengurangi resiko kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal.

4. Menurunkan tekanan darah
Manfaat lain yang kita dapatkan dari buah semangka adalah dapat menurunkan tekanan darah berkat kandungan Kalium (K), dan Magnesium (Mg).

5. Menyehatkan jantung
Menurut penelitian semangka merupakan salah satu buah penghasil likopen yang cukup banyak. Likopen juga mampu melindungi tubuh dari kolesterol jahat serta mencegah kerusakan sel tubuh yang di sebabkan oleh radikal bebas.

6. Menghindari dehidrasi atau kekurangan cairan
Dehidrasi di sebabkan oleh kandungan air yang kurang pada tubuh. Sedangkan semangka sendiri adalah salah satu buah yang kaya akan kandungan air, sehingga mampu menghindari tubuh dari dehidrasi.

7. Melindungi dari sinar Ultraviolet
Karena sebagian besar komposisi semangka adalah air dan serat, serta likopen maka buah ini sangat baik untuk menjaga kelembapan kulit. Semangka juga dapat melindungi kulit tubuh dari sinar UV. Karena kandungan likopen membantu kulit mengurangi penyerapan sinar UV dari matahari sebanyak 40%.

8. Mengatasi cacing pita di sistem pencernaan
Biji dari buah semangka ternyata juga bermanfaat. Biji semangka ini dapat dihancurkan dan dikeringkan. Hasilnya bisa dijadikan sebagai teh. Teh biji semangka ini dapat membantu membunuh dan mengurangi cacing pita yang terdapat pada sistem pencernaan.

9. Membuat kulit sehat berseri
Semangka kaya akan vitamin C dan A yang menjadi nutrisi baik bagi kulit. Memakan 2-3 potong buah semangka setiap hari memberikan manfaat baik bagi kulit. Asam amino yang terdapat dapat mengobati luka pada kulit dengan cepat.

10. Mencegah tekanan darah tinggi dan stroke
Dalam buah semangka mengandung kalium yang berperan dalam menurunkan tekanan darah. Selain itu kandungan karetenoid pada buah semangka dapat mencegah pengerasan dinding arteri maupun pembuluh vena, sehingga dapat mengurangi tekanan darah. Manfaat buah semangka ini dapat anda peroleh jika anda rutin mengkonsumsinya, misalnya buah semangka anda gunakan sebagai pencuci mulut setelah makan.

11. Berfungsi sebagai antioksidan
Sebagai antioksidan yaitu melihat dalam buah ini mengandung likopen yang cukup tinggi. Likopen merupakan senyawa antioksidan yang berpotensi untuk mencegah radikal bebas. Radikal bebas berlangsung tidak terkendali, bisa disebabkankarena polusi, pola makan dan daya tubuh yang menurun. Hal ini berakibat, tubuh anda mudah terserang penyakit dan radikal bebas ini merupakan awal dari munculnya penyakit kanker.

12. Mencegah sariawan
Manfaat buah semangka bukan hanya untuk penyakit berat saja, sariawan pun dapat diatasi dengan makan buah semangka. Buah semangka mengandung banyak vitamin dan air, kedua senyawa inilah yang berperan dalam mencegah munculnya sariawan. Karena pada dasarnya, sariawan ditimbulkan karena adanya bakteri yang berkembang di mulut dan bakteri akan berkembang baik jika mulut anda kering sehingga kandungan air dari buah semangka dapat mengurangi adanya bakteri.

13. Menjaga kesehatan rambut
Di dalam buah semangka kandungan gizi dan nutrisi yaitu zat zinc. Secara ilmiah zinc memiliki manfaat menjaga kesehatan rambut khususnya memperkuat rambut dari kerontokan.

14. Menurunkan demam
Buah semangka bisa digunakan untuk menurunkan demam dengan cara memakan daging buah semangka segar sebanyak  500 – 1000 gram dan dilakukan 2 – 3 kali sehari dan dapat juga dicampur dengan jahe.

15. Menyehatkan mata
Ini dikarenakan, buah ini mengandung betakaroten yang akan di ubah didalam tubuh menjadi vitamin A. Vitamin A merupakan vitamin yang akan menyehatkan organ penglihatan anda.

16. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Semangka juga merupakan sumber vitamin C. Vitamin C memiliki fungsi membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Sehingga tubuh tidak akan mudah sakit di saat cuaca kurang baik atau sangat ekstrem.

17. Memperkuat tulang
Semangka merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan kalsium. Kalsium ini berfungsi untuk mempertahankan kalsium dalam tubuh. Sehingga tulang dan sendi akan lebih sehat dan kuat sepanjang waktu.

18. Mengurangi lemak pada tubuh
Semangka merupakan jenis buah yang kaya akan kandungan citruline yang mana berperan mengurangi lemak berlebih yang berada di dalam tubuh anda.

Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil
  1. Mengurangi rasa mual yang sering dialami ibu yang sedang hamil.
  2. Berfungsi untuk penambah cairan di dalam tubuh, karena buah semangka kaya akan kandungan airnya.
  3. Mencegah terjadinya kram otot. Hal ini sering terjadi pada kehamilan trisemester pertama.
  4. Mengurangi rasa panas pada perut ibu yang sedang hamil.
  5. Membantu perkembangan otak, penglihatan dan sistem imun pada bayi.
  6. Setelah melahirkan melalui proses bedah caesar, usus membutuhkan sedikit waktu agar kembali ke fungsi normal. Karenanya, fokuslah pada makanan yang tidak  memproduksi gas dan menyebabkan sembelit. Semangka adalah salah satu pilihan yang baik untuk dimasukkan ke pola makan  setelah melahirkan

[Dari berbagai sumber]

Komentar