"Pukulah Saya Tapi Berikan Hadits”





 

Ra

IMAM HISYAM BIN AMMAR AT TSULAMI adalah ulama hafidz dan qari yang menjadi guru Imam Al Bukhari, Imam An Nasai, Imam Abu Dawud dan lainnya. Pada waktu kecil beliau sudah menghadiri majelis hadits Imam Malik. Di majelis tersebut beliau meminta hadits langsung kepada Imam Malik, sedangkan sang Imam memintanya untuk membaca namun At Tsulami tetap ingin menyimak.
Kemudian Imam Malik pun memerintahkan seseorang untuk memukulnya 15 kali dengan sebat pendidik. At Tsulami pun menyampaikan,”Anda telah mendzalimi saya dengan memukul 15 kali tanpa dosa, saya tidak akan memaafkan Anda.”
Imam Malik pun menyampaikan,”Jika demikian, apa kafarahnya?” At Tsulami menyampaikan,”Kafarahnya adalah Anda menyampaikan 15 hadits untuk saya.” Akhirnya Imam Malik menyampaikan 15 hadits untuknya.
Namun setelah itu At Tsulami masih belum puas, beliau kembali memberikan tawaran kepada Imam Malik,”Tambahkan pukulan lagi untuk saya dan tambahkan pula haditsnya.” Imam Malik pun tertawa. (Tahdzib Al Kamal, 3/1144)/Hidayatullah.com

Komentar